Pemimpin Bangsa, Harapan Untuk Indonesia

 

Pemimpin Bangsa, Harapan Untuk Indonesia


Setiap orang mempunyai mimpi yang ingin diraih. Bukan mimpi yang hanya sekadar mimpi dan menjadi ucapan di mulut saja, tetapi mimpi yang benar-benar ingin diwujudkan. Apa yang terjadi jika saya bermimpi untuk menjadi pemimpin bangsa Indonesia? Tentu ada banyak hal yang ingin saya lakukan untuk membawa perubahan besar bagi Indonesia.

Sepanjang 2020, Indonesia telah mengalami banyak pergolakan besar. Pergolakan itu tidak hanya di satu bidang saja, tetapi hampir seluruh bidang mengalaminya. Saat beberapa masalah mulai teratasi, muncul lagi masalah baru. Semua itu datang dengan cepat di negara ini.

Sebagai generasi muda yang memiliki peran penting untuk negara, saya merasa resah dengan yang terjadi saat ini. Salah satunya di bidang pendidikan. Pendidikan di Indonesia, di masa pandemi ini terkena dampak yang cukup besar. Akses untuk mendapatkan pendidikan menjadi sangat terbatas.

Semua ruang untuk melakukan pertemuan atau tatap muka juga dibatasi. Ini bukan saja menyusahkan pihak pelajar atau mahasiswa saja, tetapi juga pihak pengajar, seperti dosen dan guru. Tanpa adanya tatap muka juga pembelajaran menjadi lebih sulit.

Hal Positif yang Didapatkan dari Pembelajaran Online

Banyak terdengar keluhan siswa yang mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh yang sedang terjadi sekarang, tidak efektif. Mereka justru tidak memahami pematerian yang disampaikan oleh guru hanya melalui video online.

Memang hal ini tidak menjadi keluhan semua siswa, beberapa merasa bahwa pembelajaran online seperti ini merupakan cara belajar yang baik untuk mereka. Tetapi sebagian besar siswa kurang menyetujui pembelajaran online.

Sebagai generasi muda, tentu kita harus bisa mengambil hal positif yang didapat dari adanya pembelajaran online saat ini. Jangan hanya mengambil sisi negatifnya saja. Lalu, apa sajakah hal positif itu? Berikut penjelasannya :

  1. Mendukung Peranan Teknologi

Pembelajaran online atau jarak jauh pastinya membutuhkan peran teknologi untuk menunjangnya. Kita membutuhkan laptop atau smartphone untuk melakukan tatap muka dengan guru pengajar. Tanpa itu, kita tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

  1. Menghemat Penggunaan Kertas

Hal positif lainnya adalah juga untuk menghemat penggunaan kertas. Saat ini tugas dan ujian dilakukan secara online. Maka, penggunaan kertas juga semakin berkurang. Ini juga membantu kita untuk melindungi hutan, karena kertas pada dasarnya dibuat dari kayu pohon. Jadi, jumlah pohon yang ditebang semakin berkurang.

Saat ini, peran generasi muda sangat diperlukan dalam bidang pendidikan. Terlebih para siswa atau adik-adik kita yang kesulitan untuk belajar secara online. Kuota internet sering menjadi kendala untuk mereka melakukan pembelajaran online. Salah satu contoh yang bisa kita lakukan terhadap hal tersebut adalah dengan membangun tempat untuk akses internet gratis.

Memang membangun tempat untuk akses internet gratis tidaklah muda. Kita juga memerlukan biaya untuk memasang jaringan internet. Dari sinilah, peranan orang tua dan masyarakat diperlukan untuk membantu memberi bantuan dana seikhlasnya. Jika bantuan dana dari masyarakat sekitar atau orang tua telah memenuhi, kita bisa mulai membangun tempat tersebut.

Selain untuk mendapat akses internet gratis, anak-anak bisa melakukan belajar bersama. Kita juga sebagai pemuda, bisa membantu mereka dalam kesulitan pemahaman materi. Dengan begitu, anak-anak tidak lagi merasakan ketertinggalan pelajaran walaupun belajar secara online.

Memimpin bangsa Indonesia memang tidak mudah. Tetapi, kita harus bisa menjadi harapan dan memberi kontribusi besar kepada negara terlebih di masa pandemi seperti ini. Kita tidak bisa hanya diam saja menunggu bantuan datang. Kitalah yang perlu bergerak untuk itu semua.

Kita juga harus bisa mengajak masyarakat sekalian untuk mengambil setiap sisi positif yang ada. Tidak boleh terus menyalahkan pemerintah atau negara, jika diri kita sendiri saja terkadang belum sadar diri untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Mungkin semua ini hanya hal kecil yang bisa dilakukan oleh saya untuk Indonesia jika menjadi seorang pemimpin. Tetapi dari hal kecil itulah bisa menciptakan perubahan yang besar. Saya berharap negara Indonesia cepat pulih dari pandemi dan semua aktivitas bisa kembali menjadi normal.

 




 

Comments

Popular posts from this blog

Blog Competition : VoSpace

SI PEMILIK SENYUM