Kesehatan : Pelayanan Home Care

 

Mengenal Layanan Home Care dan Cara Kerjanya

Layanan Home Care merupakan pelayanan keperawatan di rumah sebagai bentuk perhatian atau kepeduliaan kepada pasien yang dilakukan secara mandiri atau kelompok. Sebagian orang belum terlalu memahami dengan jelas apa itu perawatan tersebut. Layanan ini membutuhkan perawatan profesional untuk keluarga pasien atau anggota keluarganya.

Layanan tersebut bisa menjadi solusi atau alternatif Anda untuk yang ingin mengetahui dunia kesehatan dan perawatan kesehatan yang benar dan baik. Dan bagi Anda yang mempunyai keluarga lansia (lanjut usia) bisa menggunakan layanan ini untuk melakukan perawatan secara terkhusus kepada keluarga Anda tersebut.

Manfaat Adanya Home Care

Seperti yang Anda ketahui, perawatan atau layanan ini memiliki manfaat yang baik dan banyak sekali untuk pasien dan keluarganya. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan tersebut :

1.      Mendapatkan Efisiensi pada Perawatan

Dapat membantu meningkatkan penjagaan kepada pasien dan keluarganya di rumah. Karena pada dasarnya perawatan home care sudah dilengkapi tenaga ahli profesional yang sudah terlatih dalam merawat pasien secara tepat dan baik. Akan berbeda jika yang merawat pasien atau keluarga Anda adalah orang yang belum profesional di bidangnya.

2.      Efisiensi Waktu pada Perawatan

Jika Anda memiliki kesibukan terhadap pekerjaan dan tugas-tugas, pastinya waktu ini akan kesulitan untuk Anda menjaga atau merawat anggota keluarga yang sedang membutuhkan bantuan. Tetapi, adanya pelayanan ini, membuat Anda bisa memberikan tugas dan perawatan kepada petugas layanan untuk merawat keluarga Anda.

Perawat profesional bisa membantu Anda untuk memberikan pelayanan terbaik mereka dalam hal ini. Anda tidak perlu khawatir saat tidak ada yang menjaga, karena selamat ada perawat, keluarga Anda terbantu. Dan waktu Anda pada pekerjaaan dan tugas di kantor bisa difokuskan dahulu.  

3.      Menghemat Biaya

Pasti orang berpikir bahwa menggunakan jasa pelayanan home care merupakan perawatan yang membutuhkan biaya besar. Padahal, dengan  menggunakan layanan ini, pengeluarannya lebih kecil dari pelayanan di rumah sakit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal pengeluaran, sebab biayanya juga sedikit lebih hemat.

4.      Menambah Ilmu Tentang Kesehatan

Selain mendapat pelayanan yang baik, Anda bisa mendapatkan ilmu lebih dari adanya pelayanan ini. Dalam hal ini, keluarga pasien pasti akan dilibatkan dalam tata cara merawat yang baik. Dengan demikian, Anda akan lebih memahami cara merawat anggota keluarga Anda sesuai dengan tata prosedur yang diberikan perawat kepada pasien.

Sistem Pelayanan Yang Benar

Setelah mengenal manfaat dari adanya pelayanan home care, Anda perlu mengetahui sistem untuk memanggil atau menggunakan jasa ini. Berikut sistem pelayanan yang benar :

1.      Pemesanan Dengan Aplikasi atau Website

Layanan ini bisa Anda dapatkan melalui website atau aplikasi yang perlu didownload dahulu untuk melakukan pemesanan. Akan tersedia bermacam jenis pelayanan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Biasanya Anda akan diarahkan untuk berkomunikasi dengan admin, lalu admin menjelaskan secara rinci bagaimana prosedur layanan tersebut.

2.      Menggunakan Layanan Perawat 24 Jam

Kelebihan dari menggunakan jasa ini adalah Anda bisa memiliki perawat pribadi yang akan siap sedia 24 jam melayani. Jadi, di saat butuh bantuan kapan pun, perawat akan langsung menangani keluhan pasien. Ini berbeda dengan pelayanan di rumah sakit yang petugasnya harus bergantian melayani pasien lain.

 

Jenis-jenis Pelayanan Home Care

Menurut Anda, pasti pelayanan tersebut hanya untuk kebutuhan orang yang memiliki riwayat sakit yang berat. Jangan salah dulu, pelayanan jasa ini memiliki beberapa jenisnya tergantung penyedia jasanya masing-masing. Terkadang di beberapa kota penyedia jasa ini juga belum sepenuhnya lengkap seperti di kota-kota besar.

1.      Pelayanan terhadap medis

2.      Pelayanan gizi

3.      Pelayanan untuk rehabilitasi dan promosi tentang kesehatan

4.  Pelayanan untuk penggantian atau pemasangan alat kesehatan, contohnya tube pernapasan, selang lambung, dan lain lain

5.      Pelayanan untuk pemberian obat

6.      Pelayanan untuk pijat atau relaksasi bayi

7.      Pelayanan untuk perawatan luka bagi pasien yang menderita penyakit kronis

8.      Pelayanan untuk ibu nifas dan pasca bersalin

Pelayanan atau jasa ini merupakan alternatif yang baik bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat keluarga yang sedang membutuhkan bantuan Anda. Pelayanan tersebut bisa Anda pesan sewaktu-waktu dengan menghubungi admin yang ada. Jika jasa home care memenuhi harapan Anda pastinya akan menjadi kepuasan tersendiri bagi penyedia layanan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Blog Competition : VoSpace

Pemimpin Bangsa, Harapan Untuk Indonesia

SI PEMILIK SENYUM