Pencegahan dan Solusi Menghindari Penularan Virus Corona


Pencegahan dan Solusi Menghindari Penularan Virus Corona


Akhir-akhir ini dunia sedang digemparkan dengan adanya penularan Virus Corona yang bermula dari negara China, tepatnya di Kota Wuhan pada bulan Desember 2019 silam. Bagi sebagian orang virus Corona tersebut akan terdengar asing. Lalu, apakah virus Corona itu?

Virus corona merupakan kumpulan virus yang mengganggu sistem pernapasan manusia. Virus corona ini bisa menular atau menginfeksi di semua kalangan umur, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Penyakit yang disebabkan oleh virus Corona atau SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome CoronaVirus 2) diberi nama dengan penyakit COVID-19.

COVID-19 yang bermula dari Wuhan, China ini sudah menyebar hingga ke dua ratus negara di dunia. Virus Corona bisa menyebar dengan mudah melalui kontak fisik, misalnya saat bersalaman, mencium pipi, memeluk, menggosok mata yang gatal, atau tidak sengaja terciprat air ludah dari pasien yang terinfeksi virus tersebut.

Penyebab Terjadinya Penularan Virus Corona

Virus Corona penyebarannya bisa sangat mudah dan cepat. Ada beberapa penyebab atau cara orang bisa terinfeksi virus Corona, yaitu : 
1. Melakukan kontak atau hubungan dekat dengan pasien penderita COVID-19. Contohnya kita tidak menyadari bahwa sebelumnya pernah berjabat tangan atau bersentuhan dengan mereka. 
2. Sering lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu setelah memegang atau menyentuh benda yang terkena cairan dari si penderita atau pasien COVID-19.
3. Tidak sengaja terkena cipratan dari bersin atau batuk si penderita COVID-19 hingga menghirupnya.

Gejala Awal Yang Ditimbulkan 

Pada setiap penyakit pastinya ada gejala yang ditimbulkan untuk mendeteksi apakah orang tersebut mengalami penyakit tersebut atau tidak. Gejala-gejala dari penularan virus Corona bisa kamu ketahui untuk menghindari lebih banyak terjadinya penyebaran kepada orang lain, berikut gejala umumnya :
1. Demam tinggi hingga mencapai 38 derajat celcius atau di atasnya. 
2. Batuk yang tidak kunjung berhenti. Memang tidak semua orang yang mengalami batuk-batuk adalah orang yang terinfeksi, tetapi kita perlu memastikan bahwa batuk yang dialami tidak disertai gejala lainnya. 
3. Sesak napas

Gejala-gejala tersebut dapat muncul mulai dari dua hari sampai dengan dua minggu setelah terpapar atau terkena virus Corona dari orang lain. Tetapi, saat ini ada juga orang yang tidak mengalami gejala umum di atas namun ia terpapar virus Corona hingga menjadi pasien positif yang terinfeksi.

Solusi Agar Terhindar dari Penularan Virus Corona

Saat ini pemerintah juga telah mengambil sikap untuk mengurangi angka penyebaran Virus Corona tersebut dengan mengumumkan upaya social distancing pada masyarakat. Selain itu, ada solusi lainnya yang perlu kamu ketahui agar penularan tidak semakin banyak :
1. Menuruti aturan pemerintah untuk melakukan social distancing dengan #dirumahaja. Kamu bisa mengisi kegiatan positif di rumah seperti berolahraga, minum air putih, membantu orang tua, membersihkan rumah, masak-masak dengan keluarga, bercerita dengan keluarga, dan masih banyak lagi. 
2. Menerapkan gaya atau pola hidup yang sehat agar daya tahan tubuh tetap kuat. 
3. Rajin mencuci tangan dengan air setiap menyentuh benda, beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum. Kamu juga bisa menggunakan cara lain saat di luar rumah dengan membawa hand sanitizer (alkohol minimal 60%).
4. Mengurangi untuk menyentuh bagian mata, hidung, serta mulut jika belum mencuci tangan dengan bersih. 
5. Menggunakan masker atau penutup mulut saat sedang di luar rumah. 
6. Menjaga kebersihan lingkungan rumah. Kamu juga bisa menyemprotkan disinfektan ke barang-barang atau area luar rumah seperti pintu masuk dan jendela. 
7. Menghindari kontak fisik langsung dengan pasien penderita COVID-19.

Setelah mengetahui hal-hal tersebut, kamu harus mengusahakannya agar penyebaran virus Corona tidak semakin luas. Kamu juga tidak perlu khawatir atau takut, virus Corona bisa sembuh jika kita mau melakukan perawatan atau pencegahan sejak awal secara baik dan benar. 

Kalau kamu merasa mengalami gejala-gejala tersebut bisa langsung menghubungi hotline COVID-19 di 119 ext. 9 agar mendapat pengarahan lanjutan. Mari gerakan juga upaya social distancing untuk tetap #dirumahaja agar penularan Virus Corona ini bisa semakin berkurang dan cepat selesai.


Comments

Popular posts from this blog

Blog Competition : VoSpace

Pemimpin Bangsa, Harapan Untuk Indonesia

SI PEMILIK SENYUM