Perkembangan Digitalisasi Asuransi di Masa Pandemi
Perkembangan Digitalisasi Asuransi di Masa Pandemi
Pandemi Covid-19 memberikan sejumlah perubahan baru
dalam kehidupan. Salah satu perubahan yang jelas terjadi adalah pelayanan tatap
muka yang dialihkan menjadi pelayanan digital. Hampir semua bidang mengalami
perubahan itu, sehingga tidak sedikit dari masyarakat yang memulai pekerjaan
atau aktivitas secara digital. Proses digitalisasi ini juga diikuti oleh
perusahaan asuransi dalam memberikan pelayanan mereka.
Proses
digitalisasi pelayanan asuransi ini dilakukan juga berlatar belakang masyarakat
yang aktif menggunakan media internet dalam berkomunikasi dan mencari
informasi. Walaupun digitalisasi asuransi terbilang baru, tetapi pihak asuransi
berusaha memberikan pelayanan digital yang terbaik, sama halnya saat
melaksanakan pelayanan tatap muka.
Perkembangan layanan
digital meliputi dua bagian, yaitu portal publik dan portal nasabah. Portal publik
sendiri berisi mengenai informasi umum tentang asuransi. Sedangkan untuk portal
nasabah berisikan mengenai informasi nilai prolis, premi, data pribadi nasabah,
dan yang lainnya.
Pelayanan digital
asuransi ternyata memberikan banyak manfaat baik pada masyarakat selama masa pandemi
ini. Adapun manfaat asuransi digital, seperti :
1. Pendaftaran Mudah
Dengan penerapan digitalisasi
pelayanan, saat ini mendaftar menjadi nasabah asuransi pun mudah. Masyarakat hanya
perlu mengakses laman website atau
aplikasi perusahaan asuransi yang diinginkan. Jika tidak memiliki waktu untuk
datang ke kantor asuransi, masyarakat bisa dengan mudah melakukan registrasi
secara online.
2. Informasi Ter-update
Pelayanan digital
asuransi juga memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mendapatkan info
terkini mengenai asuransi. Baik itu info promo, klaim, bahkan info tentang
pengembalian premi, masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor. Cukup melalui
layanan digital asuransi, informasi terkini bisa dengan mudah diakses.
3. Kemudahan Akses Layanan
Jika mengunjungi kantor
asuransi langsung, pasti masyarakat harus datang di saat jam kerja. Namun,
berbeda halnya dengan pelayanan digital, masyarakat bisa mendapatkan kemudahan
akses layanan asuransi digital selama 24 jam. Masyarakat bisa melakukan keluhan
atau komunikasi dengan pihak call center perusahaan
asuransi tersebut secara online.
4. Banyak Fitur yang Ditawarkan
Fitur dari pelayanan
digital sangat beragam. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah informasi mengenai
produk-produk asuransi secara jelas. Selain itu, masyarakat juga bisa
mengetahui tata kelola perusahaan, kebijakan manajemen resiko, pencapaian kerja
perusahaan, dan masih banyak lagi.
5. Keamanan
Menggunakan layanan
digital asuransi juga memberikan rasa aman pada masyarakat, baik dalam hal
akses data maupun untuk bertransaksi. Terlebih saat ini transaksi dengan cashless perlu dilakukan untuk
menghindari terjadinya kontak antar sesama.
Pelayanan asuransi
digital di masa pandemi Covid-19 memberikan
pemahaman baru kepada masyarakat tentang kemajuan teknologi yang semakin
berkembang pesat. Terlebih setelah mengetahui manfaat dari adanya pelayanan
asuransi digital, masyarakat akan lebih terbuka pemikirannya dan pastinya akan lebih
teliti dalam memilih produk asuransi, karena informasi sudah tersedia dengan
jelas secara digital.
Selain memberikan
manfaat pada masyarakat, pelayanan asuransi digital juga bermanfaat untuk
perusahaan itu sendiri. Karena, di masa pandemi, penyaluran informasi langsung
mengalami sedikit kesulitan. Namun, setelah adanya pelayanan digital, perusahaan
dapat dengan mudah melakukan pemasaran atau promosi digital, dan menghemat
biaya pemasaran.
Pelayanan
asuransi digital mungkin belum sebesar layanan fintech lainnya, seperti dana, ovo, linkaja, dan lain-lain. Akan tetapi,
perusahaan asuransi digital tentu tidak akan berhenti untuk berinovasi dan
melakukan perkembangan sesuai zaman. Serta yang terpenting adalah melakukan
pelayanan yang terbaik dan memberikan jaminan perlindungan kepada masyarakat.
Comments