Perkembangan Digitalisasi Asuransi di Masa Pandemi

 Perkembangan Digitalisasi Asuransi di Masa Pandemi

sumber gambar: www.majoo.id

Pandemi Covid-19 memberikan sejumlah perubahan baru dalam kehidupan. Salah satu perubahan yang jelas terjadi adalah pelayanan tatap muka yang dialihkan menjadi pelayanan digital. Hampir semua bidang mengalami perubahan itu, sehingga tidak sedikit dari masyarakat yang memulai pekerjaan atau aktivitas secara digital. Proses digitalisasi ini juga diikuti oleh perusahaan asuransi dalam memberikan pelayanan mereka.

Proses digitalisasi pelayanan asuransi ini dilakukan juga berlatar belakang masyarakat yang aktif menggunakan media internet dalam berkomunikasi dan mencari informasi. Walaupun digitalisasi asuransi terbilang baru, tetapi pihak asuransi berusaha memberikan pelayanan digital yang terbaik, sama halnya saat melaksanakan pelayanan tatap muka.

Perkembangan layanan digital meliputi dua bagian, yaitu portal publik dan portal nasabah. Portal publik sendiri berisi mengenai informasi umum tentang asuransi. Sedangkan untuk portal nasabah berisikan mengenai informasi nilai prolis, premi, data pribadi nasabah, dan yang lainnya.

Pelayanan digital asuransi ternyata memberikan banyak manfaat baik pada masyarakat selama masa pandemi ini. Adapun manfaat asuransi digital, seperti :

1.      Pendaftaran Mudah

Dengan penerapan digitalisasi pelayanan, saat ini mendaftar menjadi nasabah asuransi pun mudah. Masyarakat hanya perlu mengakses laman website atau aplikasi perusahaan asuransi yang diinginkan. Jika tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor asuransi, masyarakat bisa dengan mudah melakukan registrasi secara online.

2.      Informasi Ter-update

Pelayanan digital asuransi juga memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mendapatkan info terkini mengenai asuransi. Baik itu info promo, klaim, bahkan info tentang pengembalian premi, masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor. Cukup melalui layanan digital asuransi, informasi terkini bisa dengan mudah diakses.

3.      Kemudahan Akses Layanan

Jika mengunjungi kantor asuransi langsung, pasti masyarakat harus datang di saat jam kerja. Namun, berbeda halnya dengan pelayanan digital, masyarakat bisa mendapatkan kemudahan akses layanan asuransi digital selama 24 jam. Masyarakat bisa melakukan keluhan atau komunikasi dengan pihak call center perusahaan asuransi tersebut secara online.

4.      Banyak Fitur yang Ditawarkan

Fitur dari pelayanan digital sangat beragam. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah informasi mengenai produk-produk asuransi secara jelas. Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui tata kelola perusahaan, kebijakan manajemen resiko, pencapaian kerja perusahaan, dan masih banyak lagi.

5.     Keamanan

Menggunakan layanan digital asuransi juga memberikan rasa aman pada masyarakat, baik dalam hal akses data maupun untuk bertransaksi. Terlebih saat ini transaksi dengan cashless perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kontak antar sesama.

Pelayanan asuransi digital di masa pandemi Covid-19 memberikan pemahaman baru kepada masyarakat tentang kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat. Terlebih setelah mengetahui manfaat dari adanya pelayanan asuransi digital, masyarakat akan lebih terbuka pemikirannya dan pastinya akan lebih teliti dalam memilih produk asuransi, karena informasi sudah tersedia dengan jelas secara digital.

Selain memberikan manfaat pada masyarakat, pelayanan asuransi digital juga bermanfaat untuk perusahaan itu sendiri. Karena, di masa pandemi, penyaluran informasi langsung mengalami sedikit kesulitan. Namun, setelah adanya pelayanan digital, perusahaan dapat dengan mudah melakukan pemasaran atau promosi digital, dan menghemat biaya pemasaran.

Pelayanan asuransi digital mungkin belum sebesar layanan fintech lainnya, seperti dana, ovo, linkaja, dan lain-lain. Akan tetapi, perusahaan asuransi digital tentu tidak akan berhenti untuk berinovasi dan melakukan perkembangan sesuai zaman. Serta yang terpenting adalah melakukan pelayanan yang terbaik dan memberikan jaminan perlindungan kepada masyarakat. 

Comments

Popular posts from this blog

Blog Competition : VoSpace

Pemimpin Bangsa, Harapan Untuk Indonesia

SI PEMILIK SENYUM